phone: +62 877 527 05111
e-mail: indravirgopermana@yahoo.com

TUGAS KEWIRAUSAHAAN


NAMA        :  SAPTA INDRA PERMANA

NIM           :  10.410.10.0096

 

Marketing Plan “Green Warnet”


Ringkasan Eksekutif
“Green Warnet” merupakan warnet (warung internet) yang di desain ramah lingkungan dengan konsep go green yang mengacu kepada isu global warming yang semakin mengkhawatirkan.
Dalam konsep bisnis ”Green Warnet”, warnet harus menjadi tempat multiguna bagi orang yang ingin merasakan nikmatnya menjelajahi dunia maya dan menjajal teknologi digital terbaru. Jadi, selain surfing, browsing, e-mail, dan chatting, diwarnet ini orang juga bisa melakukan cetak foto digital secara langsung, entah itu dari kamera digital atau ponsel. Selain  layanan  warnet  yang komplet, yang membuat ”Green warnet” berbeda, dia juga menawarkan suasana yang cozy, khas kafe-kafe. Suasana berbeda langsung mencuat begitu kita melewati pintu masuknya. Tak ada stasiun-stasiun yang dibatasi partisi sempit dan sumpek yang menjadi suasana khas warnet biasa. Semua peralatan digital di situ ditata apik, dipadu interior yang gaya, menghadirkan suasana santai dan kesan luas.
Dengan adanya tarif akses data dari penyelenggaraan jaringan dan jasa Internet yang lebih rendah; meningkatnya kebutuhan akses bagi kalangan yang tidak memiliki sarana akses Internet di rumah, kantor, atau sekolah serta dukungan regulasi yang lebih kondusif memungkinkan usaha warnet mengalami pertumbuhan yang baik dan memiliki prospek yang bagus ke depannya. 
Konsep Usaha
Meskipun teknologi berkembang dengan cepat, pemenuhan akan akses Internet yang murah dan cepat saat ini hanya bisa diberikan oleh warnet. Beberapa teknologi akses Internet yang sekarang diberitakan berbiaya murah pun, jika diperhatikan, ternyata tetap mahal. Harga perangkat komputer, baik perangkat keras maupun lunak, masih tidak terjangkau oleh sebagian besar masyarakat kita sehingga kebutuhan akan warnet akan selalu ada.
Semakin maraknya penggunaan Internet membuat para pebisnis atau investor melirik peluang ini sebagai usaha yang menjanjikan. Tak hanya konsultan atau pebisnis spesialis, pengusaha tanggung yang hanya memiliki modal pas-pasan pun dapat membangun bisnis ini dengan segenap usaha penekanan terhadap biaya.
Seperti yang kita ketahui bahwa investasi awal pada proyek yang berhubungan dengan IT (Information Technology) adalah investasi yang sangat besar. Investasi awal yang ditanam pada pembangunan warnet ini meliputi pembuatan jaringan serta instalasi perangkat keras dan perangkat lunak. Tidak ketinggalan izin usaha yang merupakan poin penting.
a. Visi
Menjadi warnet yang multifungsi dan ikut berperan mencerdaskan anak bangsa.
Menjadi warnet yang ramah lingkungan.
b. Misi
Menghasilkan konsumen yang berwawasan luas dengan adanya pelatihan gratis yang bermutu tinggi.
c. Tujuan
Membangun sumber daya manusia Indonesia melalui akses internet cepat dengan fasilitas lengkap dan beredukasi.
d. Nilai
CERDAS (Cepat, Efektif dan Efisien, Ramah, Disiplin, Akuntabel dan Simpatik).
Turut Mencerdaskan anak bangsa dengan akses internet cepat.

ANALISIS PESAING


STRATEGI PEMASARAN

Ø  Penataan ruangan yang artistik, efektif dan efisien.
Ø  Membina hubungan yang baik dengan pelanggan menggunakan member card.
Ø  Penambahan fasilitas dengan pelatihan edukasi gratis yang diadakan satu bulan sekali.
Ø  Optimalisasi keunggulan dengan konsep ”go green” yang tampil beda.
PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Ø  Wilayah pemasaran akan diawali dari Jabodetabek.
Ø  Pemasaran dikembangkan melalui jaringan asosiasi warnet.
STRATEGI PENETAPAN HARGA
Tarif billing warnet di hitung per Kbps akses data yang dilakukan si pelanggan.
ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA
Dampak pemasaran terhadap masyarakat :
Masyarakat menjadi tahu bahwa ada warnet yang ramah lingkungan.
Dampak produksi dan teknologi terhadap masyarakat :
Masyarakat menjadi bertambah wawasannya dengan adanya pelatihan edukasi gratis.

Dampak produksi dan teknologi terhadap lingkungan :
Lingkungan dapat terselamatkan dari akibat global warming, karena “Green Warnet” memiliki ruang lingkup taman yang ditanami tanaman penetralisir kebocoran ozon, tanaman dibudidayakan secara professional di sekitar “Green Warnet” oleh pakar biologi yang juga turut mendukung keberadaan “Green Warnet”.

0 komentar: